Pembuatan Plakat

Jual Plakat Resin Murah Berkualitas

Tips Merawat Plakat

Tahap Pembuatan Plakat sebenarnya terbilang mudah dan bisa Anda praktikan sendiri di rumah. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, apalagi kalau Anda masih tergolong pemula. Plakat digunakan sebagai trofi atau penghargaan untuk individu maupun kelompk atas pencapaian yang mereka raih. Bahan dan bentuk juga beragam; disesuaikan dengan kebutuhan dan biaya yang tersedia. Namun, kadang kita menemukan masalah. Contohnya karat pada besi yang akan dipakai untuk membuat plakat sederhana. Lantas, bagaimana cara untuk membersihkannya? Mari kita simak di bawah ini.

Besi, Bahan Pembuatan Plakat Suvenir

Besi merupakan salah satu bahan paling umum yang dipakai untuk Membuat Plakat. Sebab, besi mudah dibentuk karena amat fleksibel. Di sisi lain, bahan ini juga kokoh, sehingga tidak gampang hancur dan tahan lama. Hal tersebut bisa terlihat dari penggunaan besi dalam berbagai perkakas rumah tangga atau perangkat elektronik. Kemudian, Anda juga tidak perlu merogoh kocek dalam, karena harga besi cukup terjangkau di pasaran.

Selain itu, besi juga dipakai dalam bidang seni seperti desain hingga konstruksi bangunan. Contohnya bisa Anda lihat pada patung-patung logam atau struktur rumah maupun gedung. Besi sendiri bisa dipakai untuk tempat penempaan plakat. Kendati demikian, besi ternyata lebih mudah berkarat dibandingkan bahan lain seperti baja atau alumunium.
Maka, Anda tentunya harus menjaga plakat yang terbuat dari besi agar terhindar dari reaksi kimia yang memicu proses korosi. Paparan udara dan air merupakan salah dua faktor yang dapat menyebabkan korosi pada besi. Jika dibiarkan terus, plakat besi Anda bisa berkarat sampai hancur dalam waktu cepat. Salah satu cara untuk melindungi besi dalam pembuatan plakat adalah dengan menggunakan akrilik.

Cara Menghilangkan Karat dari Besi

Anda tidak usah panik saat menemukan karat pada besi yang akan digunakan untuk membuat plakat. Sebab, ada cara mudah membasmi korosi tersebut. Langkah pertama adalah mempersiapkan alat-alat untuk tahap pembersihan karat. Di antaranya adalah sikat (bisa kuas, sikat kawat, atau sikat gigi bekas), spons, kain kering atau kanebo, dan karat bersih dengan kandungan asam oksalat. Karena Anda akan menggunakan bahan kimia yang cukup kuat, siapkan juga pelindung seperti sarung tangan karet dan kacamata agar terhindar dari iritasi serta kontak langsung terhadap mata.
Kemudian, Anda ikuti prosedur di bawah ini:

  1. Pakai kuas untuk membersihkan permukaan pada bagian besi yang sudah berkarat. Jangan lupa juga untuk menggunakan sarung tangan serta pelindung mata. Setelah itu, Anda bisa campurkan pembersih karat dengan air. Pastikan takarannya tepat dan sesuai dengan tingkat karat yang ada dalam besi tersebut;
  2. Masukkan sikat kawat pada campuran pembersih tadi, lalu gosok ke bagian besi yang berkarat secara melingkar. Usahakan gerakannya teratur dan tidak terburu-buru, karena bisa saja karatnya jadi menyebar. Gosok terus sampai habis;
  3. Jika karatnya sudah hilang, Anda bisa membersihkan sisanya dengan memakai sikat gigi. Pakai saja sikat gigi bekas, karena akan berbahaya kalau Anda kembali menggunakan sikat gigi tersebut;
  4. Tahap terakhir yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan besi tadi dengan spons yang sudah direndam dengan air. Kemudian, keringkan dengan kain atau kanebo. Supaya karat tidak kembali, poles besi tersebut dengan cat tanti-karat.

Setelah selesai, Anda bisa memulai pembuatan plakat dengan menggunakan besi. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait :

  1. Contoh Plakat 
  2. Harga Plakat Kenang Kenangan
  3. Plakat Resin Fiberglass

Button Karyamedia Souvenir